Kegiatan P5 SMK YUPPENTEK 2 Tangerang

cover-p5-smk-yuppentek2

Gelar Karya dalam P5 merupakan rangkain puncak kegiatan dari Kurikulum Merdeka. Gelar karya diawali sambutan Kepala SMK YUPPENTEK 2 Tangerang, Bapak Tata Sopyan, M.T. yang pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras hingga terlaksananya acara Gelar Karya dan juga beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh rekan guru wali kelas dan fasilitator atas dukungannya pada P5 tema kewirausahaan ini.

Di dunia pendidikan, wirausaha telah dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran, tujuannya yaitu melahirkan siswa-siswi yang siap untuk berwirausaha dan memahami adat dan budaya indonesia dengan penampilan serta menggunakan baju adat. Untuk itu, karakteristik wirausaha pada peserta didik perlu diterapkan melalui kegiatan-kegiatan di sekolah, dengan harapan agar mereka menjadi terbiasa untuk menerapkannya dan memiliki karakter yang siap menjadi wirausaha. Sebagai salah satu upaya penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Program Kurikulum Merdeka.

Gelar Karya ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dimana, kegiatan ini merupakan implementasi atas ide ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh peserta didik sesuai dengan kelompoknya masing-masing baik berupa olahan makanan, minuman, dan penampilan pentas seni. Menurutnya, dalam gelar karya Kewiusahaan ini melibatkan peserta didik kelas XII untuk belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkungan kecil, mengasah jiwa wirausaha sejak dini, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerjasama dan tanggungjawab serta semangat pantang menyerah dalam berwirausaha, sedangkan kelas X dan XI menampilkan pentas seni kebudayaan indonesia.

Dalam kegiatan ini ada beberapa stand makanan dan minuman yang disajikan oleh kelompok kelompok peserta didik yang sudah dibuat. Dalam 1 kelas memiliki 3 kelompok yang berbeda menu makanan atau minuman. Mulai dari jurusan Teknik Pemesinan, Teknik Perancangan Gambar Mesin, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Elektronika Industri, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Rekayasa Perangkat Lunak hingga Teknik Komputer & Jaringan, semua kelompok bersinergi untuk menjual produk yang memang akan menjadi keunggulan dari kelompoknya masing-masing.

Dengan kegiatan P5 ini, peserta didik bisa lebih senang, dimana di kurikulum merdeka ini, bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaannya dann seni kebudayaan indonesia disamping akademisnya, dan mampu mengelola kewirausahaannya ke depan. Dalam kegiatan P5 ini juga diambil penilaian dalam bentuk raport setahun sekali, dimana yang dinilai bukan hasil akhirnya tetapi proses pemahaman mereka selama ini, kemandirian dan kreativitas juga dinilai didalamnya.

Sekolah membebaskan peserta didik untuk mengeksplore kreativitas mereka, dalam kegiatan kewirausahaan dan pentas seni.